Adsense atas

Senin, 09 Februari 2015

Stellarium Mobile v.1.6 for Android

    Hai semuanya, bertemu lagi nih dengan saya. Kali ini saya akan membahas salah satu aplikasi dengan OS Android yang menyangkut tentang ilmu astronomi. Lalu aplikasi apa? Yaitu Stellarium Mobile. Stellarium adalah sebuah program astronomi yang sangat terkenal untuk komputer dikarenakan memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dalam memprediksi di tata surya, misal prediksi lokasi planet-planet, lokasi komet-komet yang berada di tata surya, dan galaksi-galaksi yang disekitar galaksi Bima Sakti. Nah untuk sekarang stellarium juga sudah hadir untuk OS Android.

    Karena program ini, banyak orang-orang astronomi baik yang amatir hingga professional menggunakan program ini untuk melihat keajaiban-keajaiban di langit di masa akan datang seperti gerhana matahari dan gerhana bulan. Owh iya, di aplikasi ini kita juga dapat rasi bintang beserta gambarnya dengan jelas.

Rasi bintang

rasi bintang jika digambarkan

     Aplikasi ini juga dapat menggambarkan posisi-posisi planet beserta dengan satelitnya secara seksama, jadi aplikasi ini juga dapat berguna untuk mempelajari ilmu astronomi dengan mudah.
Planet Jupiter beserta satelitnya

Planet Saturnus dan ditemani oleh Mimas jika dilihat dari dekat

    Di aplikasi ini juga dapat mengubah waktu berupa tanggal hingga jamnya pun juga, bisa ke masa lampau atau ke masa datang.

dapat mengubah waktu untuk melihat kejadian-kejadian di masa lampau atau masa akan datang

    Bukan hanya waktu saja yang dapat di ubah, lokasi kota pengamatan pun dapat diubah sesuai keinginan kalian, apakah ingin di kota kalian ataupun di kota lain.


dapat mengubah posisi kota untuk pengamatan

    Karena mudahnya mengubah waktu dan kota untuk pengamatan, kita pun dapat melihat kejadian-kejadian alam yang indah, yang mungkin di kota kalian tidak mengalami kejadian tersebut, misal gerhana matahari ataupun gerhana bulan.

Gerhana Matahari Total di Kepulauan Faroe (20 Maret 2015)

Gerhana Bulan tanggal 04 April 2015

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Lokasi di Jakarta hanya mencapai 88% gerhana

    Nah demikian secara singkat penjelasan dari aplikasi Stellarium Mobile. Stellarium Mobile ada di Play Store namun aplikasi tersebut adalah aplikasi berbayar, namun saya akan membagikan aplikasi ini secara GRATIS loh :D. Klik Disini untuk mendownload aplikasi Stellarium Mobile versi terbaru v.1.6.

Silahkan mencoba :)

Masih bingung dengan penjelasan di atas atau mau bertanya? Tulis saja di komentar ya :D
Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar