Adsense atas

Kamis, 22 Januari 2015

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

    Warga Indonesia, bersiaplah bahwa tanggal 9 Maret 2016 akan terjadi fenomena langka yang pernah di jumpai di Indonesia, yaitu gerhana matahari total yang mulai pukul 06.30 pagi Waktu Indonesia Barat (WIB). NASA (National Aeronautics and Space Administration) memprediksi gerhana matahari total akan mencakup wilayah Indonesia dan Samudra Pasifik.

    Nah di Indonesia, daerah-daerah yang terkena gerhana matahari total 9 Maret 2016 adalah kota Palembang, Bangka Belitung, Bengkulu, Palangkaraya, Balikpapan, kota Palu, dan Ternate. Selain dari kota-kota tersebut hanya merasakan gerhana matahari sebagian saja dengan tingkat 60-99% (tergantung jarak pengamatan dengan titik pusat gerhana matahari).
 Peta Indonesia yang dilewati titik pusat Gerhana Matahari Total
garis biru: batas titik gerhana dengan tingkat 100%
garis merah: titik pusat bulan

    Lalu bagaimana dengan Jakarta, tenang untuk wilayah Jakarta tingkat gerhana bisa mencapai lebih dari 88%. Tetapi jika ingin merasakan kegelapan saat gerhana mungkin bisa merencanakan berwisata ke kota-kota yang di lewati gerhana matahari total.
 Tingkat gerhana yang terlihat di Jakarta mencapai 88% lebih.

 Bentuk Gerhana Matahari di Jakarta
Sumber: http://www.timeanddate.com/eclipse/in/indonesia/jakarta

    Bahkan momen langka ini membuat kesempatan bagi pemerintah untuk sebagai ajang pariwisata yang bisa menguntungkan untuk Indonesia. Karena pemerintah sendiri tidak ingin melewatkan kembali kesempatan tersebut seperti ketika gerhana matahari tahun 1983 dan 1988 di Indonesia.

 Animasi terjadinya gerhana matahari total

    Nah bagaimana penasaran kan? Siapkan dirimu dan saksikanlah momen bersejarah dan langka yang hadir di Indonesia. Untuk selengkapnya tentang gerhana matahari 9 Maret 2016, bisa kunjungi situs resmi NASA di http://eclipse.gsfc.nasa.gov

     Setelah Gerhana Matahari 2016, wilayah Indonesia akan merasakan gerhana matahari kembali pada akhir tahun 2019, tepatnya Gerhana Matahari Cincin (Annular Solar Eclipse) pada tanggal 26 Desember 2019. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar