PENDAHULUAN
Seperti diketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial, di mana pasti akan terjadi interaksi-interaksi berbentuk sosial, dari individu ke individu, individu ke kelompok maupun kelompok ke kelompok. Untuk lebih memudahkan dan mengetahui arti dari sosial, maka setiap sekolah dari berbagai tingkat akan diajarkan tentang ilmu sosial, termasuk di perguruan tinggi. Di perguruan tinggi nama pelajaran tentang ilmu sosial adalah ISD.
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN, TUJUAN ISD DAN IPS
1.1 Pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah
sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan
menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu
sosial seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi,
antropologi, psikologi sosial.
ISD merupakan suatu usaha yang dapat
diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang
konsep-konseo yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya
tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada
lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
1.2 Tujuan ISD
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
- Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
- Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
- Menyadari setiap masalah sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
- Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
- Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
- Mengusahakan wahana komunikasi para akademis agar mereka mampu berdialog satu sama lain. dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademis diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.
Menurut Prof.Dr.Harsya Bacthiar lmu
dan pengetahuan dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu :
1. Ilmu-ilmu Alamiah (natural
science)
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan
mengetahui ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam semesta. Untuk mengkaji hal
itu dapat digunakan metode ilmuah. caranya ialah dengan menentukan hukum yang
berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk
menentukan suatu kualitas. Hasil analisi itu kemudian di generelasisakan. Atas
dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitiannya 100% benar dan 100% salah.
Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi,
fisika,kimia, biologi, kedokteran dan mekanika.
2. Ilmu-ilmu Sosial (sosial science)
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk
mengkaj keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
Untuk mengaji hal itu digunakan metode ilmuah sebagai pinjaman dan ilmu-ilmu
alamiah. tetapi hasil tidak mungkin 100% benar, hanya mendekati kebenaran.
sebab ialah keteraturan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah
dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu
ekonomi, sosiollogi, politik, demografi, psikolog, antropologi, sosial,
sosiologi hukum dsb.
3.Pengetahuan Budaya (the
humanities)
Di dunia ini banyak sekali Negara
dan juga rakyatnya dengan berbagai macam suku dan budaya disetiap suku atau
etnic mempunyai perbedaan dan juga ciri khas yang bisa kita membedakannya dari mulai
pakaiannya, tutur bahasanya, dan juga norma-norma kehidupannya sehingga dari
situ lah kita bisa menyimpulkan bahwa ilmu kebudayaan adalah ilmu yang
mempelajari tentang suatu norma asas di setiap wilayah diberbagai Negara, tidak
semua kebudayaan itu sama dan juga tidak lain pula dinegara satu mudah menerima
kedatangan buadaya yang berasal dari Negara lain contoh: di bagian Negara barat
boleh memakai pakaian yang terbuka akan tetapi dinegara Indonesia yang
mayoritas negaranya mempunyai kepercayaan muslim sangat sulit menerima keadaan
seperti itu
2. ISD DAN IPS
2.1 Perbedaaan ISD dan IPS
- Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.
3. RUANG LINGKUP ISD
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
- kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
- konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
- masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
- Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
- Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
- Masalah pemuda dan sosialisasi.
- Masalah hubungan warga Negara dan Negara
- Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
- Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
- Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
- Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
KESIMPULAN
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah sebuah pelajaran yang penting di Perguruan Tinggi. Pelajaran ini akan digunakan untuk mahasiswa dalam pembuatan suatu inovasi dan karya sesuai dengan keadaan sosial di sekitar sehingga tidak terjadi perselisihan yang panjang.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar