Adsense atas

Kamis, 30 Oktober 2014

Cara Memilih Printer Inkjet Yang Tepat

    Hallo semuanya, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memilih printer yang tepat? Kenapa harus tepat? Dikarenakan memilih printer yang salah sesuai dengan profesi pekerjaan sekarang akan membuat keborosan di lain waktu. Daripada kelamaan mari tetap ikuti postingan ini.

INKJET ATAU LASER
    Untuk pembahasan pertama adalah apakah memilih printer inkjet atau printer laser.  Pasti untuk kalangan mahasiswa dan industri rumahan (home industri) akan memilih printer inkjet. Kenapa? Selain harga printer inkjet dan cartridge yang lebih murah ketimbang printer laser, biaya mencetak lebih murah ketimbang menggunakan printer laser karena harga toner yang mahal dan daya listrik yang digunakan lebih besar ketimbang printer inkjet.
    Namun untuk kalangan industri menengah hingga besar mungkin akan memilih printer laser ketimbang printer inkjet karena faktor pencetakkan yang lebih cepat ketimbang printer inkjet. Padahal sekarang sudah ada printer inkjet yang pencetakannya cepat bahkan lebih cepat dari printer laser, yaitu printer Lomond Evojet dengan kecepatan 60 ppm dan HP Officejet Pro X series dengan kecepatan 70 ppm (ket: ppm = page per minute(halaman per menit)). Bahkan untuk HP Officejet Pro X series mendapatkan predikat printer tercepat di dunia dengan menggunakan HP PageWide Technology, tak percaya? Klik www.guinnessworldrecords.com.
gambar: printer Lomond Evojet

gambar: HP Officejet Pro X 576dw MFP series


PRINTER INKJET SESUAI KEBUTUHAN
    Hal inilah yang menjadi keutamaan dalam memilih printer inkjet, karena jika tidak sesuai dengan kebutuhan malah menjadi kerugian yang besar. Bagaimana cara memilihnya? Inilah beberapa tipe untuk memilih yang pas.

 1. mencetak tetapi tidak setiap hari
    Biasanya untuk tipe ini merupakan kalangan mahasiswa dan orang-orang di rumah yang mencetak tugas-tugas atau hal penting tetapi tidak setiap hari dan keinginan orang bertipe ini memiliki printer dengan harga murah namun tinta juga murah. Dan biasanya untuk tipe ini yang sudah memiliki printer akan melakukan CISS (Continuous Ink Supply System (tinta infus)), sebenarnya cara ini adalah cara yang salah karena hal tersebut membuat cartridge sering bocor ketika jarang digunakan sehingga saat mencetak hasilnya kurang optimal.
 gambar: Printer Canon ip2770 dengan CISS

Jika tidak menggunakan CISS, biasanya orang bertipe ini akan melakukan tinta suntik, apa itu tinta suntik? Tinta suntik adalah menyuntikkan tinta non original ke cartridge yang kosong sehingga cartridge kembali lagi terisi dengan tinta yang bukan original, dan sebenarnya cara tersebut lebih merugikan lagi karena ketika cartridge kosong, busa-busa di dalam cartridge akan kering dan ketika di suntik maka penampungannya berkurang 20% dari aslinya, hal itu terus berkelanjutan hingga busa tidak bisa menampung tinta tersebut jika hanya di suntik terus.
gambar: terdapat busa-busa di dalam cartridge untuk menampung tinta

    Lantas apa yang tepat untuk memilih printer? Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan pembuat printer yang menyediakan printer dengan tinta original yang murah namun berkualitas. Inilah yang wajib di pilih untuk orang bertipe ini, karena tidak akan mengalami kerugian saat mengisi ulang tinta. Bahkan printer dengan tinta murah pun sudah banyak yang all-in-one (print, copy, scan) bahkan terdapat wireless sehingga bisa mencetak lewat smartphone seperti Android, iOs, dan Blackberry tanpa menggunakan kabel. Contoh printer dengan tinta murah adalah Canon Ink Efficient dan HP Deskjet Ink Advantage
gambar: Canon Ink Efficient E400

gambar: HP Deskjet Ink Advantage 4515


2. Mencetak setiap hari
    Untuk tipe ini biasanya digunakan dalam hal berbisnis, seperti rental komputer atau tukang jasa cetak foto. Nah untuk tipe ini menggunakan printer tinta murah sepertinya tidak cocok, melainkan menggunakan printer dengan memasang CISS. Hal ini karena terus mencetak tanpa berhenti beberapa hari sehingga aliran dalam selang infus pun lancar dan cartridge jarang mengalami kebocoran. Bahkan Epson, perusahaan printer yang terkenal karena terbaik untuk mencetak foto pun membuat printer dengan terdapat selang infus, jadi tidak perlu repot-repot memasang selang infus sendirian. Untuk printer dengan selang infus adalah Epson L series. Jika tidak ingin menggunakan printer inkjet, printer laser pun bisa apalagi sekarang sudah banyak printer laser dengan harga murah.

gambar: Epson L 120 series

gambar: HP Laserjet P1102 dengan harga di bawah 1 juta Rupiah.

    Demikian pembahasan hari ini, semoga postingan menjadi bahan referensi anda yang ingin memilih printer yang tepat. Saya harapkan tidak adanya perdebatan panjang tentang postingan ini karena hanya sebagai opini saja. Jika terdapat kata-kata yang salah atau kurang tepat, saya meminta maaf sedalam-dalamnya.

Terima kasih... :)

(sumber pict: google.com)

4 komentar: