Adsense atas

Jumat, 12 Juni 2015

Cara Burning file .iso, .bin, .img, dan lain-lain ke dalam CD

     Hai semuanya, untuk kali ini saya akan membahas bagaimana caranya memburning file .iso, .bin, .img, dan lain-lain ke dalam CD. Pembahasan ini dikarenakan sering teman-teman banyak yang gagal burning CD seperti banyak yang di bahas di postingan saya yang lalu, yaitu Cara bermain PS2 menggunakan flashdisk/hardisk eksternal, sehingga saya beri tahu tips yang mudah dipahami. Untuk burning file tersebut, saya menggunakan program imgBurn. Meskipun banyak program-program lain, seperti nero, alcohol 120%, power iso dan lain-lain, tapi menggunakan imgBurn dinilai paling cocok untuk saya karena tidak ada masalah dan cd bisa digunakan (tanpa gagal). Daripada lama, begini tutorialnya.


Inilah yang dibutuhkan:
1. Program ImgBurn
2. PC/laptop
3. CD/DVD kosong
4. File .iso / .bin atau file image lain-lain yang ingin di burning

Cara pemakaian:
  1. Download program imgBurn, lalu install (tidak perlu crack)
  2. ketika sudah selesai di install, jalankan programnya.
  3. Masukkan CD/DVD kosong ke dalam PC/laptop
  4. Lalu pilih "Write image file to disc"
  5. Kemudian pilih file image yang diinginkan (angka no.1), setelah itu pilih cd drive nya (berlaku untuk memiliki 2 cd drive (angka no.2)). Kemudian pilih write speed, pilih dengan kecepatan 1x sampai 4x karena dengan kecepatan segitu maka hasil burning lebih baik (angka no.3), lalu klik tombol burn (angka no.4).
  6. Tinggal tunggu waktu saja.
  7. Selesai deh, lalu tutup programnya.
     Perlu diketahui: ketika sudah selesai, jangan langsung mengambil cd/dvd burning tersebut. Tunggu beberapa detik atau sekitar 30 detik untuk pc/laptop membaca file tersebut. Hal ini mencegah kegagalan pembacaan cd/dvd.

Sekian dari tutorialnya, semoga bermanfaat.

Jika ingin tau cara memindahkan file CD ke .iso, .bin, dan lain-lain, silahkan klik disini untuk mengetahui caranya.

Masih bingung dengan penjelasan di atas atau mau bertanya? Tulis saja di komentar ya :D
Terima kasih...

19 komentar:

  1. I like this article, can add knowledge to every person who read it, thanks

    BalasHapus
  2. kok pas pengen di burning di bagian bawah di sebelah kiri tulisan situ ready kok tulisan saya malah disc not empty ... solusinya dong gan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba keluar dulu cd nya, tunggu beberapa saat baru masukkan kembali. Selalu tepatkan cd/dvd drive yang dipakai ya (jika terdapat dua driver dvd/cd rom)

      Hapus
  3. file iso bin atau file image lain" itu mksud e apa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu maksudnya file disatukan dalam bentuk image, kayak file rar yang dijadikan bentuk buku. Makanya jika pakai iso, bin, dll. bisa digunakan di emulator.

      Hapus
  4. gan kok saya tekan burn cd romnya kluar sendiri tlng penjelasan nya

    BalasHapus
  5. medium not present kenapa ya gan? padahal dvd-rw nya baru beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dikeluarkan cd nya, lalu dimasukan lagi gan

      Hapus
  6. Gan solusinya donk...
    Disaat udah 100%
    Cd nya keluar (ejeck) sendiri
    Dan tidak sempat veryfikasi data
    Jadi nya error gan

    BalasHapus
  7. Gan solusinya donk...
    Disaat udah 100%
    Cd nya keluar (ejeck) sendiri
    Dan tidak sempat veryfikasi data
    Jadi nya error gan

    BalasHapus
  8. Gan.. Ane udah selesai nge burn dengan kecepatan write 4x , tapi koq tidak terbaca di ps2 ane.. Versi ps2 slim ane scph 900006, kekurangannya apa ya gan? File ulaunch.elf nya udah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di burning ulang, saat proses burning udah selesai tunggu sekitar 1 menit baru dikeluarkan dari cd-rom

      Hapus
    2. kalau guna cd r boleh gak


      Hapus
  9. Dari Vidi : gan... Tolong dijawab :'( aku dah pake cara diatas tapi Di PS2 Aku Muncul "Please insert a Playstation or Playstation 2 Format disc dan tampilannya wallnya kemerahan... apa ps2 aku nda bisa baca DVD-R ? ps2 aku 90001.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pas saat burning suka error atau disk bermasalah

      Hapus
  10. bro ane udah coba ga kebaca bro kasetnya saat booting ps2nya msuk ke memori card ada notif disk could be read

    BalasHapus