Adsense atas

Selasa, 20 Januari 2015

Cara Mengubah File di CD/DVD menjadi ISO, BIN, IMG dan lain-lain

    Hallo semuanya, untuk kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengubah file di CD/DVD menjadi iso., bin., img., dan lain-lain. Biasanya tujuan dari mengubah file adalah membackup sebuah data/file yang berada di CD/DVD tanpa mengubah isi tersebut. Dan lebih mudah ketika di burning ketimbang membackup file yang di ubah menjadi .rar atau .zip. Untuk games seperti PlayStation 1 ataupun PlayStation 2, cd games bisa di ubah ke format .iso atau .bin dan  bisa dimainkan di emulator PlayStation ( klik di sini untuk mendapatkan PlayStation 1 emulator).

    Lalu bagaimana caranya untuk mengubah format tersebut? Sebenarnya banyak, tetapi saya akan membagikan sebuah program yang di bilang sangat populer, yaitu Ultra ISO. Begini caranya:


  1. Download Ultra ISO terlebih dahulu, kemudian extract file tersebut ke folder yang kalian suka (untuk lebih mudah, buat folder baru dengan dinamakan Ultra ISO).
  2. Lalu akan ada dua program, klik "uiso9_pe" untuk setup program.
  3. Tekan Next untuk melanjutkannya.
  4. Lalu ada sebuah License Agreement, Pilih "I accept the agreement" lalu klik next. Klik next terus menerus hingga ada pernyataan Ready to Install. Pilih "install" untuk melanjutkannya.
  5. Tunggu beberapa saat
  6. Ketika sudah selesai, hilangkan ceklis di "Launch UltraISO", lalu klik finish.
  7. Sehabis itu pilih program "patch" hingga muncul seperti ini, klik patch dan tunggu ada konfirmasinya. Jika sudah, klik exit.

  8. Masukkan cd/dvd yang ingin di ubah formatnya ke dalam cd-drive. (Contoh saya menggunakan CD PlayStation 1: Rage Racer)
  9. Jika sudah, lihat apakah ada file cd tersebut di Windows Explorer, jika ada Klik kanan, lalu pilih "UltraISO", lalu pilih "Create CD/DVD image..."
  10. Pilih folder yang ingin di simpan, lalu beri nama (untuk mempermudah, beri nama yang sama sesuai dengan CD/DVD tersebut). Lalu pilih format yang diinginkan apakah .iso, .bin dan lain-lain.
  11. Jika muncul seperti ini, maka file tersebut tidak bisa di ubah dalam bentuk format .iso, melainkan .bin. Sebenarnya sama saja kok kalau pilih .bin, untuk melanjutkannya pilih "Yes"
  12. Tunggu beberapa saat. Lamanya proses tergantung dari besarnya isi dalam CD/DVD tersebut dan kecepatan membaca cd-drive.
  13. Jika sudah selesai, liat file tersebut di folder yang tadi anda pilih. Jika ada file tersebut berarti penggantian format sukses.
  14. Karena yang saya ubah formatnya adalah cd PlayStation 1, maka saya coba file tersebut di emulator PlayStation 1. Dan lihat game berjalan lancar.
    Demikian penjelasan singkat bagaimana cara mengubah file di CD/DVD menjadi .iso, .bin dan lain-lain. Semoga bermanfaat dengan adanya postingan ini.

Jika ingin mengetahui cara burning file .iso, .bin dan lain-lain ke CD/DVD? Klik disini untuk melihat tutorialnya.

Masih bingung dengan penjelasan di atas atau mau bertanya? Tulis saja di komentar ya :D
Terima kasih...

4 komentar:

  1. gan, pas ane mau masukin game nya pae usbutil ko ga kebaca trus ya( not readable) itu kenapa ya sebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gamenya udah format iso / bin / img belum?

      Hapus
    2. Iya, saya perna coba tapi ga kebaca padahal format gamenya sudah jadi iso kenapa ya?

      Hapus
    3. biasanya ada yang corrupt tuh filenya

      Hapus