Adsense atas

Rabu, 08 November 2017

Etika



1. Jelaskan etika dari Bahasa Yunani menurut pengertian anda!
            Menurut Wikipedia, etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.
Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Sementara menurut James J. Spillane SJ, etika ialah mempertimbangkan atau memperhatikan tingkah laku manusia dalam mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan moral. Etika lebih mengarah pada penggunaan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang kepada orang lain.
            Sehingga jika melihat dari kedua pengertian etika diatas maka pendapat saya bahwa etika adalah sebuah tingkah laku manusia sehingga menjadi penilaian moral yang dapat menentukan benar atau salahnya perilaku kepada orang lain. Etika sangat berpengaruh kepada hubungan antar manusia karena manusia memiliki insting jika orang yang dekat dengan kita atau orang lain yang berada disekitar kita memiliki etika yang baik atau buruk. Bahkan etika juga dibutuhkan ketika sedang bekerja, baik hubungan antar pekerja atau hubungan pekerja dengan atasan.

2. Jelaskan hubungan antara moral dan etika
Etika merupakan filsafat dari Moral, sedangkan etika sendiri dikatakan sebagai pemikiran yang kritis dan mendasar tentang ajaran moral atau etika sebagai ilmunya moralitas. Dan Moral adalah ajaran tentang apa yang dilarang dan apa yang wajib dilakukan oleh manusia supaya bisa menjadi baik dan tidak mengarah ke keburukan. Sehingga ketika moral seorang manusia terlihat buruk, maka manusia tersbut juga memiliki etika yang buruk.

3. Apa yang menjadi tujuan pokok dari rumusan etika yang dituangkan dalam kode etik (code of conduct) profesi? Sebutkan dan jelaskan.
            Menurut Wikipedia, kode etik profesi merupakan suatu tatanan etika yang telah disepakati oleh suatu kelompok masyarakat tertentu. Kode etik umumnya termasuk dalam norma sosial, namun bila ada kode etik yang memiliki sanksi yang agak uk dalam kategori norma hukum yang didasari kesusilaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku dan berbudaya. Tujuan kode etik agar profesionalisme memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai jasa atau nasabahnya. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional.
            Karena kode etik profesi, maka menjadi sebuah standar etika dalam menjaga perilaku dan profesionalisme seseorang. Serta menjadi tanggung jawab bagi orang-orang yang memiliki kode etik dalam hal perilaku dan kelakuan ketika mengalami permasalahan suatu pekerjaan.


1 komentar:

  1. Salam. Semoga dijawab. Gan, bagaimana cara memainkan multi disc game ps1 menggunakan popstarter ? Cara mengganti dari cd 1 ke cd 2 bgaimana caranya?

    BalasHapus