Adsense atas

Jumat, 15 Juli 2016

Bermain Game PS1 di PS2 menggunakan Flashdisk / Hardisk Eksternal Via PopStarter

Hai Semuanya, pada kesempatan ini saya akan membahas salah satu cara bermain game PS1 pada konsol PS2. Sebelumnya di postingan sebelumnya saya sudah membahas cara ini namun menggunakan emulator PS2PSXE, namun kekurangan emulator ini seperti gambar atau suara yang cacat atau game yang tidak bisa jalan. Kemudian terdapat sebuah komentar yang menyarankan untuk menggunakan PopStarter tapi caranya agak ribet. Saran tersebut saya terima dan mencoba PopStarter dan hasilnya lumayan. Oke daripada kelamaan, mendingan ikuti caranya sebagai berikut:



Untuk menjalankan Popstarter yang dibutuhkan adalah:
1. Ulaunch.elf
2. CUE2POPS v2.0
3. PopStarter Stable dan Beta Version
4. CUE2POPS v2.0 GUI
5. Game PS1 Format .bin/.cue
6. Flashdisk atau Hardisk Eksternal (Note: HD Eksternal wajib berformat FAT32)
7. POPS.PAK
8. Konsole PS2

Tutorialnya sebagai berikut:
  1. Download CUE2POPS v.2.0, CUE2POPS v2.0 GUI, dan PopStarter Stable dan Beta version (download dua-duanya) di assemblergames.com (yang ditandai kotak kuning. Atau jika kalian bingung, kalian bisa download semuanya dalam satu paket disini (via zippyshare, google drive).
  2. Lalu ketika semua sudah selesai download, buatlah satu folder (anggap saja nama folder tersebut "popstarter") dan taruh semua hasil download di situ (untuk memudahkan saja). Kemudian Extract semua file tersebut, untuk file CUE2POPS 2.0 GUI pindahkan ke folder CUE2POPS_v2.0
    Hasil Extract semua file

    File CUE2POPS 2.0 GUI dipindahkan ke folder CUE2POPS_v2.0

  3. Lalu download POPS.PAK disini (via google drive, zippyshare, onedrive )
  4. Kemudian pasang flashdisk atau HD Eksternal ke komputer
  5. Buat folder "POPS" di flashdisk atau HD Eksternal anda. Lalu copy "PFS_WRAP" pada folder POPStarter r13 WIP 05 ke folder POPS pada flashdisk. Dan copy "POPS.PAK" ke folder POPS juga.
  6. Kemudian buat folder "games" (untuk memudahkan saja) pada data C atau D anda. Tujuan membuat folder ini untuk menyimpan hasil convert dari .cue ke .vcd
  7. Kemudian siapkan game ps1 anda (note: format wajib .bin/.cue bukan iso), lalu buka program CUE2POPS 2.0 GUI, sebagai contoh saya akan mengconvert game Yu-gi-oh. Untuk input pilih lokasi game ps1 anda yang berformat .cue, untuk output pilih lokasi destinasi hasil convert. Nah karena sudah membuat folder "games" maka pilih destinasinya ke situ, nama file bisa diubah sesuai keinginan anda. Kemudian tekan "Convert Now".
  8. Tunggu beberapa saat hingga selesai, jika sudah selesai tutup programnya.
  9. Setelah itu copy file "POPSTARTER.ELF" di folder POPStarter_r13_WIP_06_OBT_20151207 ke flashdisk atau HD Eksternal. (Note: tidak mengcopy ke folder POPS)
  10. Lalu copy hasil convert game tadi ke folder POPS di flashdisk/HD Eksternal.
  11. Kemudian ganti nama POPSTARTER.ELF menjadi "XX.nama game.elf" (tulisan "nama game" sesuai nama convert game tadi), sebagai contoh: nama hasil convert tadi adalah "Yu-gi-oh", maka untuk mengganti nama POPSTARTER.ELF tadi menjadi XX.Yu-gi-oh.elf
  12. Oke semuanya sudah selesai, kemudian siapkan PS2 anda. Nyalakan PS2 anda masuk ke program Ulaunch.elf. Tekan "O" untuk masuk menu, kemudian pilih Mass:/ lalu pilih "O". Sebagai contoh, saya akan memilih game Nascar Rumble, lalu tekan "O".
  13. Dan boom, bisa main PS1. Untuk menambah game di flashdisk/HD Eksternal maka kembali mulai dari cara 7-11. 

           Ya begitulah caranya. Mungkin akan ada yang bertanya, kenapa tidak memilih game Yu-gi-oh? Jadi sebenarnya saya sudah mencoba game tersebut namun layar hitam atau blank, padahal di list pada assamblergames.com game Yu-gi-oh bisa digunakan dan cepat tapi hasil yang saya lakukan ternyata begitu, mungkin karena faktor flashdisk saya yang lemot dalam pembacaan data. Oleh sebab itu, saya sarankan untuk menggunakan HD Eksternal.

Masih bingung dengan penjelasan di atas atau mau bertanya? Tulis saja di komentar ya :D
Terima kasih...

30 komentar:

  1. ps sy sdh pasang opl.tapi nggk ada menu ulaunchnya mas..gmn cara masuk ke menu ulaunch,mhn pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ulaunch.elf bisa menggunakan dvd atau dari free Mcboot.

      Hapus
    2. apakah opl tidak pakai ulaunch atau freemcboot mas..dulu sy pasang opl itu sm tukang servis ps.jd sy tidak tau pakai ulaumch atau freemcboot apa tidak,tapi pas ngidupin ps setelah logo matrik,keluar tulisan freemcboot setelah itu logo opl terus langsung ke daftar game.

      Hapus
    3. Setelah logo matrik keluar tulisan FreeMcboot? Berarti itu pakai freemcboot. Cuma langsung dialihkan ke opl. Saya lupa untuk masuk menu freemcboot.

      Di coba deh, saat muncul tulisan freemcboot tekan R1+segitiga.

      Hapus
    4. Salamualaikom...Saya nak penjelasan Dari saudara.masalah freemcboot ps2 Saya problem .

      Hapus
    5. Salamualaikom...Saya nak penjelasan Dari saudara.masalah freemcboot ps2 Saya problem .

      Hapus
  2. Maaf sblumnya bkan mo sok pintar tp mngkin cm mo menambahkan, biar lbh mudah aksesnya lbih baik file rename dr popstarter.elf nya (XX.namagame.elf) di taruh di folder apps dngan bikin file conf_apps.txt nys dl... Saya mnaruh smua aplikasi sperti ulaunch, sms, snes emu dll di situ jd loading lngsung di opl ga ribet... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks gan infonya, saya mengikuti cara ini di Youtube. Namun saya ubah sedikit untuk jadi lebih mudah

      Hapus
    2. ajarin buat list game popstarternya biar muncul di menu apps nya dong gan..

      Hapus
    3. Ikuti aja cara itu gan, sudah detail sekali caranya

      Hapus
  3. Ni tutornya pnya om satrio...
    http://satriogame.blogspot.com/2010/09/cara-membuat-confappscfg.html?m=1

    BalasHapus
  4. Cara save game nya gimana gan? Saya coba save di mc ps2 selalu stuck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah bei mc ps1 nya, pas saya mau save datanya tersimpan ke vmc nya gan, nggak ke mc ps1 nya, mohon pencerahannya gan

      Hapus
  5. Jikalau saya tidak ada CD games nya bagaimana? Boleh didownload dari mana-mana website?

    BalasHapus
  6. Saya tidak punya ulaunch.elf dan FMCB. Boleh ditunjukkan cara installnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ribet sii gan. Cari aja di google tu cara instal free mc boot ps2

      Hapus
  7. link sudah tidak aktif mohon diperbarui klo bisa buat perkumpulan difacebook agar lebih memudahkan komunikasi serta sebagai media pengiklan blog anda !

    BalasHapus
  8. ps2 saya kalo saya copot hardisknya (tanpa kaset juga) ketika dinyalakan bahasa jepang,
    terus pilihannya ada 2, saya coba kesatu buat memory card.
    yang kedua isinya setiingan kayak tanggal, jam, zona waktu, dsb. tidak ada pilihan ulaunch

    barang kali ada yang tau cara ubah setingan ke bahasa inggris, tolong bagi dong !!! (1)

    ps2 saya dipasang matrix modbo 5, untuk membuka setingannya saya lupa, gak tau pasti tapi ada 3 tombol yang saya tekan, R1, segitiga, dan O. lalu saya coba ganti bootingnya dari dev2 ke mass, lalu saya save, saya matikan ps-nya untuk memasang flashdisk. ketika saya nyalakan, kok datanya tidak keakses, hanya tampil 4 tanda seru dalam lingkaran dan diatasnya ada keterangan "unable to load config file". masalahnya dimana? flasdisk, ps tidak bisa baca flashdisk, cara ini tidak bisa diterapin di ps fengam chip modbo 5, apa beda cara?
    mohon bantu, pengen sery2an main team budies :v

    BalasHapus
  9. Mantaf robakan dengN cera yg lebih elegan. Saya suka dari pada yg lain.
    Maaf mas ada file2 alat2nya yg mas dah download saya maksud gak mau download tp4 lain lagi dah sama mas aja kirim linknya y mas

    BalasHapus
  10. Linknya tolong diperbaharui bro

    BalasHapus
  11. Bang,kok saya gk bisa load gamenya,padahal saya sudah save gamenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan gamenya corrupt, mungkin coba game lain dulu gan

      Hapus
  12. Lah. Ga bisa conver format .bin
    Susah nyari game firnat .cue
    Ps saya sudah matrix ,
    Gumana nih susah.ikuti tutor selalu saja nentok di tengah jalan

    BalasHapus
  13. boss psw saya slim tapi udah pasang ic matrix apa sama cara nya? ato ngaruh ke sistem matrix..

    BalasHapus
  14. Wih, Cue to POP GUI buatan gue dipake juga ternyata, wkwkwk mantap, kalau tidak salah sekarang tampilan GUI bawaan dari mereka lebih canggih dan kompleks.

    BalasHapus