Adsense atas

Rabu, 16 September 2015

Flashing ROM MIUI via Mi Recovery 2.0.1

     Hai semuanya, kali ini saya akan membahas salah satu cara flashing ROM milik Smartphone Xiaomi ( maklum saya punya Xiaomi :D ). Telah kita ketahui, selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, MIUI (ROM Xiaomi) selalu mengalami update terbaru. Seperti kehadiran MIUI 7 pada tanggal 24 Agustus yang mengklaim dapat menghemat baterai 10% dan performa lebih cepat 30% dari ROM pendahulunya, MIUI 6. Namun MIUI 7 ini masih developer rom, sementara rata-rata pengguna MIUI 6 adalah stable rom. Jika MIUI 6 nya juga developer rom mungkin langsung download via OTA (updater). Lalu bagaimana untuk pindah dari stable rom ke developer rom? Caranya ada 2, yaitu melalui Recovery mode dan Fastboot mode.


     Kali ini saya akan memberitahu cara flashing rom via recovery, karena cara ini dibilang simpel tanpa memerlukan pc/laptop. Untuk kedua cara tersebut (recovery atau fastboot) harus dilakukan backup terlebih dahulu. Kenapa di backup? Karena pada saat proses tersebut akan ada "wipe data". Tujuannya adalah untuk menghapus data-data android dan rom lama, jika tidak di "wipe data" kemungkinan flashing akan gagal ataupun bootlop. Baik daripada lama, kita langsung saja memulainya.

Peringatan: Cara ini hanya berlaku untuk Mi Recovery 2.0.1 dengan tipe device Xiaomi lama, untuk device Xiaomi baru dengan Mi Recovery 3.0 tidak bisa menggunakan cara ini
  1. Download rom yang diinginkan di http://en.miui.com/download.html, sesuaikan rom nya dengan device kamu. (contoh yang saya gunakan adalah Xiaomi Redmi Note 4G single sim)
  2. Sambil menunggu download rom nya selesai, backup data-data. Caranya pilih "settings -> Additional settings -> Backup & Reset -> Local Backups". Jika sudah akan ada tampilan gambar seperti gambar di bawah sebelah kiri. Pilih "Back up" di sebelah gembok terbuka. Lalu pilih mana saja yang ingin di backup.
  3. Tunggu beberapa saat hingga selesai. Jika backup berhasil maka ada keterangan seperti gambar di bawah sebelah kanan. Jika aman, copy data backup kamu ke SD Card atau pc. Data backup ada di folder MIUI -> backup.
  4. Jika download rom sudah selesai, maka pindahkan (atau copy rom jika download melalui pc) ke memori internal TANPA DI FOLDER MANAPUN. Jika dipindahkan ke salah satu folder saja maka update akan gagal. Lalu rename rom tersebut menjadi "update.zip" (Catatan: Tulisan "u" tidak boleh besar).
  5. Setelah itu, jalankan aplikasi updater. Lalu pilih "..." di pojok kanan atas. Sehabis itu pilih "Reboot to Recovery Mode". Dan lakukan reboot.
  6. Pilih bahasa Inggris untuk menjalankan Mi Recovery. Gunakan tombol "volume" untuk memilih pilihan dan tombol "power" sebagai tombol OK. Pilih "Wipe & reset".
  7. Lalu pilih "wipe user data", pilih "yes" untuk konfirmasi dan tunggu beberapa saat untuk selesai. Ketika selesai pilih "back".
  8. Sehabis itu pilih "Install update.zip to System", pilih "yes" untuk konfirmasi. Tunggu selama beberapa saat hingga selesai. Jika selesai akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah sebelah kanan, pilih "back" untuk ke main menu. Sehabis itu pilih "reboot -> Reboot to system".
  9. Tunggu selama beberapa menit. Dan akhirnya selesai juga flashing dan update rom nya. Atur lokasi, region dan lain-lain seperti membeli smartphone baru.
  10. Sehabis itu, lakukan restore data, cara nya pilih "settings -> Additional settings -> Backup & Reset -> Local Backups" Sehabis itu pilih mana aja yang ingin di restore.
  11. Selesai deh.
     Cara ini berlaku untuk upgrade MIUI kamu, dari stable rom ke developer rom atau sebaliknya. Untuk Downgrade tidak disarankan menggunakan cara ini, tapi menggunakan cara Fastboot. Lakukan cara ini dengan keyakinan penuh, jika kurang yakin mendingan dilakukan oleh orang yang ahli. Penjelasan ini sudah secara detail, dan sudah saya lakukan sebanyak 3 kali di device berbeda (2 kali di Redmi 2, dan sekali di Redmi Note 4G). Namun jika terdapat kegagalan saat flashing, saya tidak bertanggung jawab.

     Baiklah begitulah caranya flashing rom via Recovery, mohon maaf jika terdapat gambar yang blur (maklum pakai kamera Redmi 2).

Masih bingung dengan penjelasan di atas atau mau bertanya? Tulis saja di komentar ya :D
Terima kasih...

74 komentar:

  1. cukup mudah juga ya ternyaya, tidak sesulit yang di bayangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap sebenarnya mudah, namun butuh keyakinan yang kuat untuk melakukannya.

      Hapus
    2. Gagal setelah proses update.zip. Muncul tulisan can't find update.zip in sdcard Please rename the update pack to update.zip.and put it to the root directory of SD Cards

      Hapus
    3. Menggunakan device apa gan? Apakah tulisannya sudah benar yaitu update.zip (U nya kecil)?

      Hapus
  2. Balasan
    1. Gan itu kalo semisal awal dari global stabil mau pindah global dev aman gak gan...redmi 2 biasa

      Hapus
  3. Kalau pindah dari developer ke stable gimana caranya?
    Saya pernah mencoba tapi sinyal malah hilang

    BalasHapus
  4. Malah untuk mi pad 2 bisa ga kak pndah dri rom stable cina ke rom stable mi pad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke rom Mi Pad kagak bisa, soalnya beda spesifikasinya. Kalo Mi Pad pakai Nvidia Tegra K1, Mi Pad pakai intel.

      Dan Mi Pad 2 sepertinya di lock bootloader deh.

      Hapus
  5. Trus gmna kak Cara flashing ROM di mi pad 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mi Pad 2 emang saat ini hanya ada rom China saja, mungkin tunggu beberapa bulan hingga ada Rom global.

      Emang untuk saat ini penjualan Mi Pad 2 masih hanya di negara China saja untuk androidnya.

      Hapus
  6. Trus gmna kak Cara flashing ROM di mi pad 2

    BalasHapus
  7. Kalau misal sudah Wiping dan gagal flashing, bagaimana cara restore backupnya?? Di Mi Recovery keliatannya tidak ada pilihan restore.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama tidak pilih wipe storage pasti aman kok backup nya. Cara restore nya sama saja kayak sehabis di flashing. Kalo boleh tau gagal flashing di mana?

      Hapus
  8. klo hp restart trus gara" sdh custom rom itu solusi nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Restart terus? Coba di wipe chace. Kalo masih ya wipe data (sebelum di wipe data terlebih dahulu untuk melakukan backup).

      Jika masih restart, maka terpaksa pindah ke rom official.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Gan untuk melakukan flash via mirecovery apa bisa kalau update.zip nya di simpen di sdcard bisa gak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa gan, wajib di memori internal. Soalnya jika diletakkan di SD card takutnya akan corrupt dan potensinya jadi bootlop atau softbrick

      Hapus
    2. Kalo mau flashing redmi 2 ngambilnya yang mana? Gak ada pilihan buat redmi d2 di http nya

      Hapus
  12. kalo sudah gagal terus gimana gan? can't install update.zip. sedangkan hp sudah di wipe chace, dan di wipa user data. apa bootlup ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kagak bootloop kok. Cuma pas booting agak lama bisa sekitar 10-15 menit dan posisi hp seperti baru. Kalo boleh tau awal Can't install update.zip itu pas mau install atau udah 99% tapi gagal?

      Hapus
    2. kalo can't install update.zip pas udah 99% tapi gagal,gmna yah om?

      Hapus
    3. 99% tapi gagal? Pasti signature error. Hp apaan gan? Biasanya kejadian itu Redmi Note 2.

      Solusinya sih flashing fastboot

      Hapus
  13. Gan kemarin saya update room terbaru global room miui 8 Xiaomi mi4i setelah selesai updatenya eh galery kagak bisa kebuka suara hilang terus alaramnya tdk berfungsi

    BalasHapus
  14. Mau nanya kalo xiaomi redmi note 3 pro rom miui 8 global 6.9.9|beta mau di flash pake rom xiaomi note 3 yang miui 8 stabil pake mi recovery bisa apa engga terus romnya cocok apa enggal??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama hp masih lock bootloader maka tidak bisa, harus di flashing fastboot. Bukannya udah enak ya dapet android M di kenzo (reno 3 pro)?

      Hapus
  15. #ask
    Kemarin Saya Habis Upgrade dari Miui 6 stable ke miui 8/stable.. Trus Saya kurang nyaman Pakai Miui8 karna boros batrai dan ingi balik ke miui 6 lagi.

    Apakah saya bisa downgrade ke miui 6 lewat mi recovery bawaan?? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  16. #ask
    Kemarin Saya Habis Upgrade dari Miui 6 stable ke miui 8/stable.. Trus Saya kurang nyaman Pakai Miui8 karna boros batrai dan ingi balik ke miui 6 lagi.

    Apakah saya bisa downgrade ke miui 6 lewat mi recovery bawaan?? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MIUI 6? Udah ga ada gan di forum rom nya. Adanya juga MIUI 7. Jadi kalo mau downgrade ya ke MIUI 7 jadinya.

      Kalo mau downgrade via fastboot bisanya

      Hapus
  17. #help...
    Gan kalo awal rom global stabil trus pindah ke globl developer aman gak ya...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok, tapi kalo bisa di flashing via Recovery. Sebelum di flashing jangan lupa untuk backup data dulu. Ane pake rom global dev kok.

      Hapus
  18. gan saya downgrade dari 8 ke 7 "pilih paket pembaruan lewat sd card" setelah selesai sim di hp saya tidak terbaca. gimana solusinya ya gan?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba flashing via Recovery dulu. Kalo ga bisa via fastboot.

      Hapus
  19. BUAT REDMI NOTE 4G dual sim bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, pakai rom recovery Redmi Note Prime. Dan wajib Mi Recovery bukan twrp

      Hapus
  20. ALHAMDULLILAH lancar jaya bang...
    MATURNUWUN ^-^

    BalasHapus
  21. saya ga bisa gan proses 14% failed kenapa gan ya? hp sya redmi note 4G pke rom redmi note prime yg dual atau china

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus saya sama, 14% update zip failed, verification error

      Hapus
  22. gmn cara mindahin rom nya ke internal klo hp nya bootloop... tapi masuk ke recovery nya bisa..
    solusi nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bootloop ya? Coba aja wipe data, tapi data akan hilang

      Hapus
  23. Ijin tanya gan kalo upgrade miui 8.1.3.0 ke miui 8.1.1.0 baik nya pake recovery atau fastboot ya, trus download file nya bs gak lewat hp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, cuma ngeri error baseband / imei aja. Kalo lewat hp disarankan pakai wifi gan, jika jaringan gak stabil potensi file corrupt besar

      Hapus
  24. Trims atas pencerahannya, kok punya saya keluarnya MIUI 8 Global 7.3.2.1 Beta, kalau yg Stable yg mana ya Min...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja kok antara stable dan beta, cuma beda waktu update rkm nya aja

      Hapus
  25. joss mantab buat blog nya sukses selalu...

    BalasHapus
  26. om klo cara mengembalikan recovery nya ke bawaan gimana?

    BalasHapus
  27. Gan kalau mau flashing ROM ini pakai recovery PTR bisa gak? soalnya saya gak bisa balikin ke MI Recovery bawaan.

    BalasHapus
  28. nyimak dan berhasil terimakasih juragan

    BalasHapus
  29. Slmt mlm gan, kalau redmi note 4g developer/China bisa gak di recovery ke global stabil tanpa flasboth? caranya kyk trtrial di ataskan?

    BalasHapus
  30. kalau untuk fix 4g bisa ga pakai cara ini karena saya ga bisa masuk twrp dan mi recovery saya 3.0 tidak ada pilhan wipe & riset yang ada hanya reboot, wipe data, connect mi assistant.
    itu gimana yaa gan please help ?

    BalasHapus
  31. gan kalo dari rom china stable bisa langsung ke miui 8?

    BalasHapus
  32. #ask
    hp saya 3s stuck di logo mi setelah gagl flash, lock bootloader, gk bisa masuk di edl , recovery versi 3.0 mohon bantuanya

    BalasHapus
  33. #ask
    hp saya 3s stuck di logo mi setelah gagl flash, lock bootloader, gk bisa masuk di edl , recovery versi 3.0 mohon bantuanya

    BalasHapus
  34. Ane mi 4i global stable mw pindah room ke stable china bisa lwat recovery mode g

    BalasHapus
  35. Gan ane Baru beli Redmi 3 dan Masih Rom Distributor ( Abal2 ) Mau ganti ke Rom Global Stable aman ga Pake Via Recovery Mode ? Via Fastboot pc saya 32bit

    BalasHapus
  36. gan redmi note4g dual sim gw kok sim nya darurat sebelah ya, udah ane ganti masih tetep, dan ane ganti settingan data ke yg darurat bisa, tpi gantian daruratnya ke sim 1 nya jdi darurat juga
    contoh, sim1 itu 3 sim 2 tsel. ane pke data sim 2tsel. sim 1 3 darurat, dah ane ganti lokasi sim nya jdi gantian 3yg bisa tsel darurat, trus ane pindahin settingan data ke tsel sim 1 bisa tp sim sebelumnya jdi darurat
    udah ane flashing tetep gk bisa

    BalasHapus
  37. #ask gan
    jadi gini hp ane redmi note 4g dual sim, mengalami stuck di fasboot, udah di flash lewat mi pc suite gagal, lewat mi flash gagal, sedangkan lewat recovery bawaannya selalu gagal jika update zip.. mohon solusinya gan hp uda 4 hari nih..

    BalasHapus
  38. caranya gimana gan? via edl..

    BalasHapus
    Balasan
    1. edl bukannya hp kudu nyala ya gan? sedangan hp ane nyala ke mode fastboot sama recovery gan.. gimana..

      Hapus
  39. saya baru beli redmi note 3 pro tapi sekarang jadi ----> this device is locked , apa bisa pakai menu wipe data ini atau connect mi assista1nt..terima kasih atas pencerahannya...

    BalasHapus
  40. Klonya data wipenya failednya gimana cara mengatasinya? Untuk hp xiomi redmi 2

    BalasHapus
  41. kalo kepencet bahasa cina gimana kak, tombol poweenya nggak bisa digunain soalnya

    BalasHapus