Adsense atas

Rabu, 29 April 2015

Install Android di PC / Laptop

    Hallo semuanya, kembali lagi bersama dengan saya. Kali ini saya akan membahas cara instal OS Android di Pc / laptop. Apa memang bisa? Pasti bisa donk. Caranya begitu mudah dan simpel, hanya menggunakan program virtualbox saja. Apa itu virtualbox? Virtualbox adalah suatu program yang menyediakan mesin virtual untuk dapat mengakses Operating System (OS) tanpa mempengaruhi OS lainnya. Jadi adanya Virtualbox kita bisa menginstal OS seperti linux, Windows, Mac, dan lain-lain tanpa takut akan adanya dual boot saat pc/laptop dinyalakan. Daripada panjang lebar membahas apa itu VirtualBox, kita langsung saja siapkan alat dan bahan untuk instal Android di pc/laptop.

Yang dibutuhkan:
1. Oracle VM VirtualBox (klik disini untuk mendownload)
2. OS Android x86 (klik disini untuk kunjungi website resminya)
Saran: Jangan memilih OS Android JellyBean baik 4.2 atau 4.3 dikarenakan sering terjadi bugs atau error. Lebih baik pilih Ice Cream Sandwich atau KitKat
3. PC/laptop

Sebagai catatan: cara ini tidak hanya untuk pengguna OS Windows saja, tapi bisa digunakan di OS Linux, dan Mac OS. Tinggal download Oracle VM VirtualBox sesuai dengan OS yang digunakan.

Cara Installasi:
  1. Download OS Android x86 dahulu. Anda boleh memilih Android versi apa saja yang anda suka.
  2. Kemudian download dan install Oracle VM VirtualBox. Sehabis di install, jalankan program tersebut
  3. Lalu pilih New, kemudian tulis nama virtualnya, misal saya beri nama "android". Lalu untuk Type diubah menjadi Linux, dan Version diubah menjadi Other Linux (boleh 32 bit atau 64 bit). Sehabis itu klik next.
  4. Selanjutnya pilih berapa besar RAM yang diinginkan, tetapi direkomendasikan sebesar 512 MB
  5. Selanjutnya akan ada pemilihan Hard Drive, pilih "create a virtual hard drive now"lalu klik create
  6. Sehabis itu next aja berkali-kali hingga muncul perintah seperti gambar di bawah ini, untuk perintah ini kita memilih berapa besar harddisk yang ingin digunakan, rekomendasi 8 GB. Lalu klik create
  7. Kemudian, pilih settings atau klik kanan di tulisan Android lalu pilih settings 
  8. Kemudian pilih tab "storage" (panah 1), kemudian di kolom Storage Tree pilih gambar cd dengan bertuliskan Empty (panah 2), sehabis itu pilih iso android yang kalian sudah di download dengan memilih gambar cd (panah 3). Jika sudah di pilih iso android, otomatis tulisan Empty berubah menjadi nama iso android. Sehabis itu pilih oke.
  9. Lalu jalankan virtualnya dengan klik start, tunggu beberapa saat hingga muncul menu installation Android. Pilih "Installation - Install Android-x86 to harddisk"
  10. Lalu pilih "Create/Modify Partitions", kemudian tekan enter. Sehabis itu akan ada tampilan seperti pada gambar di bawah ini, pertama pilih new -> primary lalu tekan enter. 

  11. Kemudian pilih write, lalu akan ada perintah seperti gambar di bawah ini. Tulis "yes" dengan menggunakan keyboard kemudian enter. Tunggu beberapa hingga selesai, jika sudah selesai pilih quit. Ketika sudah pilih quit maka ada pilihan dimana tempat installasi android. Pilih "sda1 Linux   VBOX HARDDISK" lalu ok.
  12. Sehabis itu akan ada beberapa perintah seperti pada gambar di bawah ini, pilih "yes" untuk semua perintah tersebut. Lalu tunggu beberapa saat untuk installasi android, tidak lama kok :D
  13. Ketika installasi sudah selesai, maka ada pilihan "run android-x86" dan "reboot". Pilih reboot.
  14. Jika sudah reboot, maka akan kembali lagi ke menu installasi Android, namun bukan itu tujuannya kok. Pilih menu tab Device -> CD/DVD Device -> lalu ceklis host Drive (terserah baik data E: atau G: atau lain-lain yang penting "host drive" ). Jika sudah, maka tutup program Virtualnya dan pilih "Power off the machine". Ketika sudah tertutup, maka kembali lagi pilih start dan masukkan data-data kalian seperti kalian pertama kali beli smartphone Android.

  15. Dan Android pun bisa digunakan, untuk mempermudah saat menjalankan android, pilih menu tab " machine -> Disable Mouse Integration". Hal itu menjadikan mouse seperti tombol sentuh saat membuka aplikasi di Android.
Begitulah secara singkat penjelasan cara install Android di laptop/pc. Meskipun android ini ilegal dan custom rom tetapi bisa install aplikasi seperti BBM, namun untuk mendownload dan menginstall aplikasi maka bisanya di luar Play Store. Owh iya satu lagi, Flashdisk bisa jadi SD Card pada program virtual Android loh, caranya pasang flashdisk kalian, lalu pilih menu tab "Device -> USB Devices -> flashdisk kalian".


Masih bingung dengan penjelasan di atas, terdapat troubleshooting, atau mau bertanya? Tulis saja di komentar ya :D
Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar