Adsense atas

Sabtu, 30 Agustus 2014

Cara Bermain game PlayStation 1 di PS2 slim

    Kembali lagi saya akan memposting sebuah tips & tricks ya walaupun masih tentang game PlayStation, karena membahas tentang Playstation memang tiada habisnya. Pembahasan ini tentang bagaimana cara bermain game PlayStation 1 di konsol PS2 slim. Kita tahu bahwa PlayStation 2 memiliki sistem "Backward Compatibility" yaitu bisa memainkan game generasi terdahulu yaitu PS One , tetapi kita tidak tahu bagaimana caranya agar PS2 bisa bekerja dengan baik saat bermain menggunakan CD PS One.

 Yang dibutuhkan:
  • CD games PS One (bukan CD burning/CD backup PS One)
  • PlayStation 2 slim
  • Memory Card PS One (untuk penyimpanan save game)
    Begini Caranya:
  1. Nyalakan PS2 dan pasang Memory Card PS One, ke browser dan lihat apakah MC terbaca atau tidak, jika sudah terbaca matikan daya PS2.
  2. Pasang CD PS One, contoh saya ingin bermain game "Twisted Metal: Small Brawl".
  3. Nyalakan PS2 dengan cara menekan tombol power sebanyak 3x dalam keadaan cepat
  4. Dan lihat, berhasil... Jika tidak berhasil berarti PS2 belum terbiasa memainkan game PS One, ulangi kembali dengan mematikan PS2 dan menyalakan kembali dengan cara no.3
  5. Penggunaan Memory Card PS One karena MC PS2 tidak bisa menyimpan save game PS One
    Sebenarnya caranya simpel sekali cuma tergantung dari modchipnya juga, terbukti cara tersebut saya bisa bermain game PS One di PS2 slim scph-90006 bahkan grafik gambar yang di tampilkan lebih baik ketimbang menggunakan konsol PS One langsung.

    Oke begitu cara bermain game PlayStation 1 (PS One) di PS2 slim. Masih belum mengerti, nih ada videonya :)

Untuk bermain menggunakan CD burning bisa juga tapi di butuhkan kaset GameShark, mau tau caranya klik disini. Atau bermain menggunakan flashdisk/HD eksternal juga bisa, klik disini untuk mengetahui caranya.

Masih bingung dengan penjelasan di atas atau mau bertanya? Tulis saja di komentar ya :D
Terima kasih...

18 komentar:

  1. apakah semua PS2 slim seri 90006 pasti bisa menggunakan cara ini? sy sudh mencobanya berkali kali, namun gagal terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa kok, bahkan saya sudah mencoba ke seri lain seperti scph-90004. Cd PS One nya bukan hasil backup/burning kan? Kalau hasil backup/burning, maka tidak bisa, harus gunakan cd pancingan yaitu cd gameshark.

      Dan jika belum bisa, biasanya optik belum terbiasa membaca game PS One.

      Hapus
    2. Atau jika tidak bisa dikarenakan faktor cd ps one nya yang sudah terkena jamur atau terdapat goresan-goresan di piringan cd

      Hapus
  2. Gan kok yang keluar cuman AUDIO CD

    BalasHapus
  3. Gan ps2 saya pake optik saja tidak ada modchipnnya apa bisa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong" udah pernah di bongkar belum? Setiap ps2 ada modchipnya untuk membaca data cd.

      Hapus
  4. Mas knapa Mc sya 32mb tidak bisa load game yg sudah sya save sblomnya,jadi sya slalu main dri awal lgi
    Mc nya pdhal sya baru beli,
    Kbetulan ps2 sya seri 90006 dan udah hardisk
    Mohon penjelasanya,timakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba format dulu mc nya pakai Free McBoot (hanya format saja tidak pasang Free McBoot). Biasanya itu corrupt

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Mas kalo ps2 yang ada matrix nya ko ga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masa sih? Tapi biasanya sih kalo pasang matrix berarti udaj dikhususkan buat main via hardisk/flashdisk aja.

      Hapus
  7. saudara, saya dr Malaysia dan model ps2 slim saya serupa mcm saudara punya. tapi bnyk kali saya mencuba tidak berhasil.

    kalau model fat, ia bisa membaca game ps one. knp ya?

    BalasHapus
  8. Mr numpang tanya kenapa pas instal fmcb layarnya jadi gelap gak muncul fmcbnya ,type ps saya 90006 sudh matrix pakai hdd eksternal , ulaunch nya di hdd saya ,saya buka ulaunch dari hdd mohon bantuuannya mr ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fmcb atau ops gak bisa dibuka atau diinstal latarnya gelap

      Hapus
  9. Kalau cara mainkan codebreaker gimana Gan ?

    BalasHapus
  10. Kalau pake cd burningan emang gak bisa yah? Tapi saya lihat dikonten lain bisa,ps saya fat matrix seri 55000. Saya coba malah optik bersuara aneh.

    BalasHapus